Sabtu, 19 Maret 2011

Tips Untuk Ibu Hamil

Pengaturan pola makan pada masa kehamilan.


Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan dengan melakukan cara dan diet makan yang sehat, tidak saja membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga untuk perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungan Anda.
Untuk itu, kita perlu mempelajari tentang prinsip-prinsip makan yang baik selama kehamilan, diantaranya:
Selalu sarapan Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sarapan. Menghindari sarapan akan menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya tiba. Selain itu, melewatkan sarapan juga menyebabkan keluhan berupa kepala pening, mual, dan lain-lain. 
Susun daftar makanan Anda
 Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan dan mengatur asupan kalori harian Anda.
Pilih makanan yang berserat serta rendah kandungan lemak dan gula Karena konsumsi gula yang berlebihan cenderung menimbulkan perasaan mudah lapar. Sediakan berbagai buah atau sayuran untuk dijadikan sebagai makanan selingan.
Usahakan untuk mengolah makanan Bisa dengan cara dibakar, dipanggang, atau dikukus. Termasuk pada saat Anda harus mengunjungi rumah makan, jangan ragu untuk menanyakan proses yang digunakan untuk memasak makanan yang Anda pesan. 
Jadikan buah sebagai camilan sehat Anda 
Selain bisa mengurangi kemungkinan konsumsi cemilan yang tinggi lemak dan gula, hal tersebut juga membantu Anda mengurangi jumlah pengeluaran.
Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari Seringkali dehidrasi disalah artikan dan dianggap sebagai rasa lapar. Indikasinya, bila Anda sudah memenuhi kebutuhan harian Anda tapi masih merasa lapar, berarti yang Anda butuhkan yaitu minum air yang lebih banyak. 
Jangan dengarkan orang-orang yang meminta Anda untuk banyak makan
 Masih banyak yang menganggap bahwa seseorang yang sedang hamil harus banyak makan. Sebenarnya, pandangan itu tidak benar. Jangan ragu untuk mengatakan tidak, saat Anda diminta untuk menghabiskan makanan dalam jumlah yang banyak. Katakan secara halus bahwa Anda sudah kenyang.

Berikut beberapa panduan sehat bagi wanita hamil atau tengah merencanakan kehamilan, seperti dikutip dari ModernMom:

Nutrisi.
Asam folat penting bagi ibu hamil. Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan lambatnya trasnmisi informasi dari otak. Asam folat bekerja sebelum hamil dan selama trimester pertama. Anda bisa mendapatkan asam folat dengan makan sereal difortifikasi, kacang lentil, asparagus, bayam, kacang hitam, kacang tanah, jus jeruk, brokoli, selada dan roti gandum utuh dan pasta. Asam folat juga diperoleh dari multivitamin dengan asam folat 400 mcg atau lebih. Nutrisi lain yang membantu adalah vitamin C, vitamin E dan seng.
Makanan yang harus dihindari
Begitu mengetahui Anda sedang mengandung, segera hentikan kebiasan minum alkohol, merokok dan menggunakan obat-obatan terlarang. Karena beberapa zat tertinggal beberapa waktu dalam tubuh, sebaiknya menghentikannya sejak merencanakan kehamilan. Jika kebiasaan buruk tetap dilakukan hingga hamil, janin berisiko gugur atau lahir prematur. Terlampau banyak kafein juga buruk bagi janin, karena kafein menyerap zat besi yang dibutuhkan bayi dan ibu.
Pilih menu ikan
Perbanyak asupan ikan, terutama salmon dan tuna. Namun hindari ikan yang mengandung banyak merkuri seperti hiu, ikan todak, king mackerel karena akan mengendap dalam tubuh ibu dan janin.
Hindari makanan ‘sampah’
Hilangkan makanan ‘sampah’ dari meja makan. Keripik kentang, kue-kue kering, soda dan makanan cepat saji tidak mengandung nutrisi bagi ibu dan bayi. Meskipun hamil, pastikan indeks massa tubuh antara 20 hingga 30. Kenaikan berat badan normal sela kehamilan delapan hingga 15 kilogram. Berat badan berlebih saat hamil rentan terhadap diabetes kehamilan, tekanan darah tinggi serta memperkecil peluang bayi lahir normal.

Tips Diet sehat saat hamil atau tips diet untuk wanita hamil di perlukan juga, karena ini sangat penting untuk perkembangan janin hingga dia lahir dan menjadi seorang yang dewasa. Namun, diet sebelum masa kehamilan juga tak kalah penting. Satu atau dua bulan sebelum merencanakan kehamilan sangat disarankan mengasup makanan seimbang agar ovulasi lebih konsisten. Sayuran, kacang-kacangan dan lauk kaya protein yang mengandung isoflavon dan kolin seperti kedelai dan telur membantu mengatur hormon reproduksi, Dan juga di tunjang dengan kontrol berkala di pusat kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Gizi Player.
Makanan Alternatif untuk kita.