Rabu, 09 Februari 2011

Status Gizi


Status Gizi (nutritional status) adalah ekspresi dari keseimbangan zat gizi dalam bentuk variabel tertentu, atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu. Contoh, Gaky merupakan keadaan tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran Yodium dalam tubuh.

Guzman et. all (1988) mengemukakan status gizi adalah keadaan dari tubuh akibat dari penggunaan zat-zat gizi yang esensial. Keadaan tubuh disini maksudnya bisa dalam bentuk gizi baik, gizi lebih dan gizi kurang.
Disamping istilah status gizi, ada juga istilah malnutrisi (malnutrition = gizi salah). Malnutrition adalah keadaan patologis akibat kekurangan atau kelebihan secara relatif atau absolut satu atau lebih zat gizi.

Berbagai bentuk malnutrisi, yaitu ;

  1. Under Nutrition (Gizi kurang) adalah kekurangan konsumsi pangan secara relatif atau absolut untuk periode tertentu.
  2. Specific Deficiency (Kekurangan Gizi Spesifik) adalah kekurangan zat gizi tertentu, misalnya kekurangan vitamin A, Yodium, Fe, dan lain-lain.
  3. Over Nitrition (Gizi Lebih) adalah keadaan kelebihan konsumsi pangan untuk periode tertentu misalnya: Obesitas atau kegemukan.
  4. Imbalance (Ketidak seimbangan) yaitu akibat disproporsi zat gizi, misalnya kolesterol terjadi karena tidak seimbangnya Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL), serta Very Low Density Lipoprotein (VLDL).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Gizi Player.
Makanan Alternatif untuk kita.